Rabu, 11 November 2015

Di balik wudhu

 Assalamuallaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Apa manfaat wudhu disetiap usapan pada tubuh kita?

Bismillahirrohmannirahim..
Dari Abu Najih `Amr bin `Abbash As-Sulamiy Rhadiyallahu 'Anhu , Ia berkata : “Wahai Rasulullah, beritahukanlah kepada saya tentang wudhu`.”
Nabi bersabda : “Apabila seseorang di antara kamu mengerjakan wudhu`, berkumurlah, dan memasukan air ke dalam hidung serta semburkanlah lagi keluar, maka berjatuhanlah dosa dosa muka, mulut dan hidungnya.
Apabila ia membasuh muka sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah, maka berjatuhanlah dosa-dosa mukanya melalui ujung dagunya bersama-sama dengan air.
Apabila ia membasuh kedua tangannya mesampai siku, maka berjatuhanlah dosa-dosa kedua tangannya melalui ujung jari-jarinya bersama-sama dengan air.
Apabila ia mengusap kepala, maka berjatuhanlah dosa-dosa kepalanya melalui ujung rambutnya bersama-sama dengan air.
Apabila ia membasuh kedua kakinya sampai mata kaki, maka berjatuhanlah dosa-dosa kedua kakinya melalui ujung jari-jari kakinya bersama-sama dengan air.
Kemudian apabila ia berdiri untuk mengerjakan salat dimana ia memuji, menyanjung dan mengagungkan Allah dengan bacaan-bacaan yang telah ditentukan serta membersihkan hatinya, hanya ditujukan kepada Allah Ta`ala saja, maka hilanglah semua dosanya bagaikan keadaannya ketika ia dilahirkan oleh ibunya.”
Ketika `Amr bin Abasah menceritakan hadis ini kepada Abu Umamah menegurnya : “Hai `Amr perhatikanlah apa yang kamu ucapkan. Apakah mungkin seseorang itu diberi ampunan sebesar itu hanya dengan mengerjakan serangkaian amalan saja?”
`Amr menjawab: “Wahai Abu Umamah, usiaku sudah lanjut, tulangku sudah rapuh dan ajalku hampir tiba, maka buat apa aku mendustakan Allah Ta`ala. Andaikan aku hanya mendengar satu kali, dua kali, tiga kali, empat kali, lima kali, enam kali, dan tujuh kali saja dari Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa sallam Aku pasti tidak akan menceritakan hal itu selama-lamanya, tetapi aku mendengarnya lebih dari itu.” (H.R Muslim)

semoga bermanfaat :D
Allahumma shallii wa sallim ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa' alaa aali sayyidinaa Muhammad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar